You are here : Home News News Kontraktor Interior, Asisten Pribadi Dalam Pembangunan Rumah, Gedung, Dll

Kontraktor Interior, Asisten Pribadi Dalam Pembangunan Rumah, Gedung, Dll

Mendesain sebuah bangunan atau ruangan bukanlah tugas yang mudah. Apalagi jika Anda tidak memiliki dasar-dasar pengetahuan desain interior atau asitektur. Walaupun ada banyak sekali refrensi tentang desain interior di majalah atau internet, namun Anda tidak bisa mengaplikasikannya begitu saja tanpa perencanaan yang matang dan perhitungan yang tepat. Keterbatasan waktu juga kadang menjadi kendala jika Anda termasuk orang yang sangat sibuk dengan urusan pekerjaan. Disinilah peran seorang kontraktor interior sangat diperlukan.

Kontraktor interior adalah sebuah perusahaan jasa konsultan desain interior ruangan yang akan memberikan gambaran awal mengenai rancangan desain ruangan, estimasi biaya, hingga sampai pada proses renovasi ruangan. Kontraktor desain interior akan berdiskusi dengan klien untuk menentukan desain apa yang cocok diterapkan, bahan atau material yang efisien, keamanan hingga pada pemilihan warna ruangan. Setelah tercapai kesepakatan tentang desain seperti apa yang akan diterapkan, maka kontraktor desai interior akan membuat cetak biru gambar 3 dimensi dari ruangan yang akan direnovasi. Gambar tersebut biasanya menyangkut setiap detail ukuran, material, warna, tampak depan, tampak samping, dan lain sebagainya. Jika klien setuju, maka gambar tersebut langsung dipakai sebagai patokan utama dari renovasi ruangan. Setelah itu sadalah penentuan rencana anggaran renovasi. Kontraktor desain interior harus membantu kliennya dalam menentukan rencana anggaran dari jumlah biaya yang sudah disediakan oleh pihak klien. Kontraktor harus bisa menyusun anggaran mulai dari belanja material, biaya tukang, hingga lamanya proses renovasi. Mereka juga harus mencarikan atau menyediakan tim pekerja bangunan yang handal dan bisa dipercaya. Singkatnya, tugas kontraktor desain interior adalah memberikan gambaran kasar mengenai sebuah desain ruangan, membuat gambar rencana, dan mengeksekusi proses renovasi ruangan hingga menjadi sebuah ruangan seperti yang diinginkan oleh klien.

Pekerjaan renovasi ruangan membutuhkan kerjasama dari beberapa pihak sehingga Anda tidak bisa mengerjakannya sendiri. Tugas utama dari kontraktor interior adalah membantu Anda merencanakan hingga mengatur kerjasama antara pemilik, kontraktor, dan pemborong bangunan yang nantinya akan meneksekusi proses renovasi. Mereka hadir untuk membantu meringankan proses renovasi yang membutuhkan waktu dan tenaga sedangkan kita kadang-kadang sudah terlalu sibuk dengan pekerjaan atau aktifitas sehari-hari.