You are here : Home News News Memilih Tema Desain Kantor

Memilih Tema Desain Kantor

Memilih Tema Desain Kantor

Saat merencanakan proyek renovasi kantor, menentukan tema yang akan digunakan menjadi satu hal penting yang harus dilakukan. Secara umum, ada beberapa jenis tema yang dapat dipilih. Secara kasat mata, setiap tema memiliki penekanan yang berbeda, namun semuanya memiliki kesamaan terutama dalam hal kenyamanan. Kontraktor interior biasanya akan menawarkan berbagai jenis tema berbeda, dan keputusannya tergantung pertimbangan masing-masing klien.

  1. Tema Klasik. Tema ini kini kurang banyak diminati karena dianggap menghabiskan biaya terlalu besar. Tema ini didominasi oleh permainan warna coklat dengan sentuhan furniture berwarna senada. Tema ini mampu memberikan kesan hangat, ramah sekaligus natural.
  2. Tema Modern Klasik. Warna-warna netral biasanya mendominasi tema ini. Gaya modern menjadi yang paling dominan, oleh karena itu gradasi warna hitam, cokelat, putih atau krem seringkali digunakan. Gaya ini tidak menggunakan terlalu banyak ornament. Biasanya, kesan klasik didapat lewat permainan lampu serta asesoris yang lain.
  3. Tema Minimalis. Tema ini lebih menekankan kepada fungsi. Biasanya, tema ini tidak memberikan ruang untuk hiasan ataupun ornament. Warna netral dan lembut biasanya dipilih sebagai latar belakang sehingga kesan bersih akan terlihat.
  4. Tema Modern Minimalis. Tidak jauh berbeda dengan gaya minimalis, modern minimalis biasanya memberikan penekanan kepada furniture yang bergaya modern. Suasana yang dibangun oleh tema ini berkesan santai namun tetap hangat dan ramah. Oleh karenanya, warna-warna yang lebih cerah dipilih untuk mendukung kesan tersebut.
  5. Tema Eklektik. Gaya ini didapat melalui perpaduan berbagai unsur yang diambil dari berbagai tema. Tema ini membutuhkan ruang yang lebih besar. Eksperimen dalam corak, warna, ornament dan tata cahaya menjadi hal yang ditekankan. Dengan tema ini, desain kantor akan terasa lebih hangat dan segar.

Pemilihan tema ataupun gaya interior sangatlah mempengaruhi mood karyawan. Apabila ruang kerja mendapatkan desain yang nyaman dan hangat, maka semangat kerja dapat terjaga yang sekaligus berimbas kepada produktifitas. Oleh karenanya, ada baiknya mempertimbangkan dengan seksama gaya atau tema seperti apa yang akan dipilih sebelum melakukan renovasi.